Pages

Ratakan 728x90

Minggu, 10 September 2017

Menyingkap Rahasia Sosok BossDarling

SIAPAKAH BOSSDARLING PEMBUAT VIDEO BUMI DATAR FE101? BERIKUT INI CERITA SAYA.

Menyingkap Rahasia Sosok BossDarling

Beberapa minggu yang lalu saya dikunjungi seorang sepupu yang kebetulan sedang ada urusan bisnis dengan sebuah perusahaan di lokasi sekitar rumah saya. Nah, ketika dia ada di rumah saya, ia melihat anak saya sedang menonton salah satu episode video Konspirasi Bumi Datar di Youtube Channel Flat Earth 101.

Menyingkap Rahasia Sosok BossDarling

Dari situpun sepupu saya ini mengetahui bahwa kami sekeluarga di rumah adalah pengagum video-video karya BossDarling (“BD”), tokoh kunci pembuat video FE101 yang fenomenal jadi perbincangan orang-orang di media sosial.

Adi, sepupu saya itu, langsung bincang-bincang dengan penuh antusias mengenai Flat Earth dan People Power, yang merupakan inti dari video-video BD itu. Ternyata dia juga seorang Flat Earther gara-gara nonton serial video itu.

“Sejauh mana yang kamu tau tentang BossDarling?” tanya mas Adi sepupuku. Saya jelaskan, nggak tau sama sekali tentang BD. Yang saya tahu, Youtube Channel itu baru berusia 1 tahun, tapi sudah menembus 10 juta viewers, dan 83 ribu subscribers.

Menyingkap Rahasia Sosok BossDarling

Gara-gara serial video itu, Indonesia saat ini nomor 1 di dunia topik Flat Earth menurut Google Trends, mengalahkan Amerika Serikat, Australia, Kanada, dll. Hanya info-info yang umum seperti itu yang saya tau dari grup messenger komunitas yang saya ikuti.

Tak disangka-sangka, Adi kemudian membisikkan sesuatu di telinga saya. Dia mengatakan bahwa BD adalah sobat karibnya sejak kecil. Bahkan, mereka sering berkomunikasi dan bertemu muka, mengingat rumah Adi dan rumah BD itu tetanggaan di kawasan elite Jakarta Selatan.

Saya sangat terkejut, merasa ia hanya bercanda, tapi sekaligus senang mendengarnya karena saya tau betul bahwa sepupu saya adalah seseorang yang selalu jujur dan bisa dipercaya.

“Kalau kamu nggak percaya saya telpon BossDarling malam ini, dia pasti angkat dan kamu dengar sendiri suaranya lewat loudspeaker”. Maka saya pun mendengar perbincangan akrab antara Adi dan BD. Mereka berdua ngobrol sambil terus tertawa ngakak. Adi bilang ke BD via telepon, “Sepupu gue sama suami dan anaknya fans berat lu tuuh. Dia pengen kenalan dan wawancara lu, boleh gak?”

Seminggu setelah itu, saya mendapatkan kejutan berikutnya yang lebih membuat saya ingin berjingkrak-jingkrak kegirangan. Saya dihubungi Adi lagi. Dia bilang berhasil meyakinkan BD untuk ketemu dan ngobrol dengan saya beserta keluarga. “Kok bisa?” tanya saya. Adi bilang, “BD itu sobatku dari kecil, dan selalu jalin komunikasi sampai sekarang. Ya jelas aja dia percaya.”

MashaAllah.. Mimpi apa ya saya.. bisa ketiban rejeki begini. Alhamdulillah.

Kunjungan ke Tempat Kediaman BD

Hari yang ditunggu-tunggupun tiba. Saya bersama sepupu, suami dan anak saya berkunjung ke tempat kediaman BD.

Ternyata hari itu BD sedang di apartemennya di Jakarta Utara. Apartemen mewah dengan view lapangan golf. Saya minta ijin buat syut ruang kerjanya yang inspiring: bikin serial video sambil liat lapangan golf yang asri. Ternyata BD tidak keberatan, malah dia edit sendiri itu syutingan video hp saya dengan gaya khas video BD. Aihh mateeekk…

Setengah jalan wawancara, sepupuku harus pulang ke rumahnya yang hanya beberapa ratus meter rumah BD di kawasan elite Jakarta Selatan. Maka kami pun sama-sama meluncur ke Selatan, melanjutkan wawancara di ruang kerja di rumah BD. Suasananya sangat asik dan nyaman.
Daaan…. Berikut hasil wawancara saya bersama BD.

Motivasi

TANYA:
Oke, langsung saja ke pertanyaan pertama ya.. apa motivasi mas BD membuat serial video Flat Earth 101 di Youtube Channel?

BD:
Saya sudah lama meneliti tentang Elite Global, sekelompok kecil orang yang sangat kaya dan powerful yang menguasai kekuatan ekonomi, politik, militer, intelijen, diplomatik, sains, media massa, bahkan sampai dunia seni Hollywood.

12 tahun lalu, tahun 2005, saya tergabung dalam sebuah leadership institute yang isinya menteri, dirjen, eksekutif BUMN, CEO swasta, perbankan, pimpinan ormas terbesar berbasis agama, dll. Soal Elite Global ini dikaji berdasarkan sumber-sumber data yang kredibel. Waktu itu, kita semua terkejut, tapi tak ada satupun yang bisa kasih solusi untuk keluar dari sistem yang zalim ini.

Elite Global ini sudah sangat kaya, sangat powerful, sangat terorganisir. Kita tak bisa lepas dari jeratan utang “global”, karena utang itu ada kontraknya. Sampai kapan pun pasti akan ditagih. Mereka berhasil menerapkan sistem di seluruh dunia yang menguntungkan mereka, dengan merugikan umat manusia lain di dunia

Ketika saya mempelajari soal Flat Earth (“FE”), baru 1 tahun lalu, saya melihat ini berpotensi jadi “batu kerikil yang bikin jatuh raksasa”. Seperti batu ketepel David yang menjatuhkan Goliath.

TANYA:
Seberapa jauh mas BD yakin bumi ini datar?

BD:
Haqqul yaqin. Sepenuh jiwa raga.

TANYA:
Apa yang membuat anda yakin?

BD:
Kebanyakan orang, seperti saya juga sebelumnya, percaya bumi bola mengelilingi matahari karena memang itu yang diajarkan di sekolah. Karena melihat foto-foto yang diterbitkan NASA. Karena taunya ada satelit. Karena bagian bawah kapal laut tak kelihatan akibat lengkungan bumi. Karena manusia sudah biasa keliling dunia. Karena gerhana bulan akibat tertutup bayangan bumi, dan bisa diprediksi secara tepat oleh NASA. Karena percaya gravitasi Newton membuat kita tak berasa berputar dengan kecepatan 1.670 km/jam (lebih cepat dari suara), plus 108.000 km/jam mengelilingi matahari.

Kita percaya semua itu, tanpa pernah memverifikasi sendiri, dari mana angka-angka itu didapat? Bagaimana cara menghitung rotasi bumi yang lebih cepat dari suara itu? Bagaimana menghitung kecepatan bumi mengelilingi matahari?  Bagaimana menghitung jarak kecepatan dan diameter bumi bulan matahari? Mengapa air laut bisa tidak tumpah setetespun akibat “gravitasi”, sementara balon gas bisa terbang? Bagaimana NASA memprediksi gerhana? Mengapa orang tak bisa keliling dunia dari arah selatan melintasi Antartika? Mengapa kita merasa melihat bagian bawah kapal menghilang di horison, tapi tak pernah melihat kiri dan kanan horison itu melengkung? Mengapa militer AS merahasiakan teknologi troposhperic scattering, dimana kita semua bisa tembakkan sinyal ke langit, dipantulkan sendiri oleh langit, tanpa ada satelit sejak tahun 1955? Mengapa semua foto-foto bumi itu CGI (computer-generated imagery)? Sejak kapan NASA didirikan, dan apa tujuannya? Dll dll.

Semua itu sudah dijelaskan panjang lebar dalam serial video FE101.

Kalau cuma teori, wajar-wajar aja orang bikin kesalahan. Tapi, kalau teori bumi bola mengelilingi matahari (heliosentrik) itu salah, artinya ada skandal bisnis triliun dolar selama 60 tahun terakhir (sejak Sputnik 1957 dan NASA 1958). Berarti biaya telekomunikasi kita harusnya tidak semahal ini. Berarti, utang-utang kita harusnya tidak sebanyak ini.

TANYA:Kenapa Boss mau meluangkan banyak waktu dan energi buat mengungkapkan ini lewat serial video di Youtube?

BD:Pada akhirnya kita semua pasti mati. Selama hidup, kita harus berusaha yang terbaik untuk menegakkan kebenaran dan melawan kezaliman. Yang dinilai adalah upaya kita, bukan hasilnya. “Apa yang kita lakukan dalam hidup, bergema dalam Keabadian”

TANYA:Jadi tak ada motivasi cari sensasi dan uang di Youtube, seperti yang dituduhkan sebagian orang?

BD:Hahaha saya kasih liat deh dashboard Youtube, bahwa saya tak dapat uang sepeser pun dari Youtube. Pendapatan iklan diambil oleh Youtube dan para pemegang hak cipta lagu & video yang saya cuplik

Ada seorang tokoh FE top dunia, pemilik salah satu FE Channel Internasional paling terkemuka di Eropa. Dia tanya saya, “Kenapa kamu gak monetize? 10 juta views, kamu bisa dapat setidaknya 10.000 Euro.” Saya jawab, “Well, saya gak perlu waktu 1 tahun di Youtube buat dapet duit 10.000 Euro.” hahahaha…

Percayalah, kalau kita tulus dan ikhlas, Tuhan akan memberi rejeki dari tempat lain yang tak disangka-sangka. Subhanallah, Alhamdulillah…

Identitas Rahasia (???)

TANYA:
Mengapa mas BD memilih jadi anonim, tidak gunakan identitas asli?

BD:
Sebenarnya nama BossDarling itu gak rahasia-rahasia amat kok. Itu adalah nickname yang dikasih temen-temen alumni sekolah dulu. Sudah 10 tahun saya gunakan nama BD, jauh sebelum bikin serial video 1 tahun lalu.

Saya bikin blog, pakai nama BossDarling. Tadinya blog itu cuma dibaca teman-teman dekat aja. Di kolom komen, temen-temen pada panggil nama asli saya. Gak ada yang rahasia.

Saya nulis artikel di milis, pakai nama BossDarling. Sudah sejak 10 tahun lalu. Nah, waktu bikin serial video di Youtube, otomatis saya tulis nama BossDarling. Tadinya gak kepikir apa-apa, karena memang sudah terbiasa seperti itu.

TANYA:
Kenapa dinamai BossDarling? Ada sebabnya?

BD:
Itu adalah julukan yang diberikan oleh teman-teman alumni sekolah. Yang cowok pada panggil Boss, yang cewek pada panggil Darling, Digabung jadi BossDarling. Hahahaha…

TANYA:
Apa sih bidang pekerjaan mas BD?

BD:
Ekspertis saya adalah Strategic Development. Termasuk Original Business Development, Strategic Planning, Capital Forming, Corporate Financing, dll. Terlalu teknis laah untuk dibicarakan, nanti kamu bosan dengernya.

TANYA:
Jabatannya apa?

BD:
Yaelaah pake nanya jabatan segala. Tulis aja “kepala bagian penitipan sepeda”. hihihi…

TANYA:
Aah serius dong mas BD….

BD:
Oke dee. Nama saya tercatat di Bursa Efek, dan juga di media bisnis internasional terkemuka, sebagai CEO (Presdir) Perusahaan Tbk yang bergerak di bidang transportasi, energi dan keuangan.

Saat ini saya sedang mengerjakan IPO (go public) perusahaan lain.

TANYA:
Ada yang mengkritik, “BD katanya anti Elite Gobal, tapi profesinya di sekitar Pasar Modal dan Perbankan yang merupakan sistem Elite Global.” Gimana tuh?

BD:
Sekalian aja ngomong, “Itu Bung Karno katanya anti penjajahan. Kok dia suka ngomong bahasa Belanda?? Berarti BK antek Belanda!!!” Hahaha betapa naifnya. Atau sekalian ngomong, “Katanya anti Elite Global, tapi kok masih simpan duit dolar yang dicetak oleh Elite Global??” Hahahaha…

Suruh sekolah yang bener deh. Masa kalau anti Elite Global, terus pergi ke luar negeri gak boleh naik pesawat Boeing atau Airbus yang dibikin oleh perusahaan elite? Terus mau naik getek?? hahahaha…

TANYA:
Pernah ketemu dengan para aktivis FE?

BD:
Ada beberapa orang yang saya pernah ketemu, tapi gak banyak. Kenapa?

TANYA:
Saya ikutan grup messenger FE. Ada gosip mas BD pernah bertemu seorang aktivis FE wanita yang tinggal di Surabaya. Apakah betul?

BD:
Oo saya tau orangnya di dunia maya. Hahahaha… nggak kok, saya gak pernah ketemu sama dia. Cuma kontak di dunia maya aja. Dia rajin nyelidik, katanya. Dia bilang tau wajah saya, bilang tau nama saya. Dan saya juga gak pernah nanya, bener apa nggak nama yang dia tebak itu.

Tapi, kalaupun digosipin pernah ketemu juga gak apa-apa. Emang kenapa? “Wah, ada wanita Surabaya nyamperin BD ketemu di Jakarta. Damn… pakai susuk apa itu BD??” huahahahaha

Atau misalnya gosipnya saya yang samperin dia di Surabaya? Biarin aja. Paling orang ngomong, “Duhh kasian amat ya BD, ampe segitunya nyamper-nyamperin cewek di luar kota. Tapi biarin deh, yang penting karya videonya bagus,” wakakakakak.. namanya juga gosip, ngapain dipikirin.

Tapi hati-hati looh, wanita itu bersuami? atau sudah mau bersuami? Jangan sampai nanti suami atau calonnya kemakan gosip, bahwa sang buah hati punya affair dengan BD. hahahaha…

TANYA:
Ada yang bilang mas BD begitu dikagumi sampai dikultuskan oleh sebagian komunitas.

BD:
Waduh dikultuskan apaan sih?? Tau saya juga nggak. Gak ada yang mengkultuskan saya.

Itu cuma fitnahan haters yang jealous karena orang lebih perhatian pada saya. Dia lupa, orang kurang perhatian pada dia karena dia tak mampu bikin sesuatu yang berkualitas.

Seperti kata pepatah, “Sirik tanda tak mampu.” Lantas, “buruk muka cermin dibelah”.

TANYA:
Ada seseorang yang mengklaim tau rahasia identitas BD. Dia bilang, “Kalo gue kasih tau, pada kabur lu”.

BD:
Oh saya tau juga orangnya. Saya gak pernah ketemu dia. Cuma hubungan di dunia maya aja. Sama seperti trolls yang hobi nyelidik-nyelidik dan nebak-nebak. Kalau kamu di posisi saya, kamu harus selalu siap dengan haters yang mendedikasikan waktunya buat nyelidik, karena terobsesi dengan kita. Hahahaha…

Emangnya kenapa dia bilang orang bakal kabur? Karena wajah saya lebih bagus dari dia? Karena rumah saya lebih banyak? Karena pekerjaan saya lebih mapan? Atau karena saya sering dipanggil Darling oleh para wanita di alam nyata? Hahahahaha… namanya juga haters. Egepe.

TANYA:
Ada juga gosip katanya Boss tinggal di Surabaya. Ada juga yang bilang tinggal di Kelapa Gading”.

BD:
Saya ogah nanggepin gosip. Ini terakhir ya kamu nanya gosip, abis ini saya gak mau jawab lagi. Saya gak tinggal di Surabaya. Saya ada juga apartemen lain di kawasan elite Kelapa Gading. Tapi hampir gak pernah saya tempati. Lebih enak yang golf view tadi. Dan tentunya paling enak ya di rumah.

TANYA:
Jadi siapa aja aktivis FE yang pernah ketemu mas BD?

BD:
Ya ada dong. Yang pernah ketemu, justru pada diam gak pernah ngomong. Yang gak pernah ketemu, pada pencitraan seolah-olah pernah ketemu. Itulah bedanya antara “betul tau” dengan “sok tau”. Hehehe…

Ya sudaaah… kalo gitu, setelah ini saya atur deeh pertemuan dengan beberapa aktivis wanita FE. Abis itu, suruh pada nulis di blog tentang pertemuan dengan BD.

TANYA:
Kok lebih perhatian sama wanita?

BD:
Ya iyalaah, aku kan cowok normal bukan gay. Hahahaha… becanda looh. Saya memang memberi perhatian lebih buat aktivis FE wanita, sebab statistik di youtube channel FE101 mengatakan bahwa viewers wanita hanya 15%. Ya jelas aja saya lebih perhatian dan support.

TANYA:
Jadi teman-teman dekat mas BD di dunia nyata pada tau? Kalau famili gimana, tau juga?

BD:
Teman-teman dekat saya? Semua tau BD itu siapa.
Famili dan keluarga dekat? Semua tau.
Kolega kantor, level direksi sampai manajer? Semua tau bahwa saya yang bikin serial video Flat Earth 101.

TANYA:
Wow… orang-orang kantor pada tau?? Terus bagaimana reaksi mereka?

BD:
Oh saya sering gunakan topik FE sebagai intermezzo waktu rapat. Semua pada ketawa. Kadang saya gak ngomong FE pun, ada aja yang nyletuk nanya. Hahahaha…

Bukan cuma teman-teman sekantor, tapi juga relasi bisnis. Semua pada tau. Saya sering rapat dengan investment bankers. Kalau rapat, sering saya kemukakan soal FE, juga soal sistem ekonomi global yang zalim. Semua pada ketawa. Karena mereka tau apa yang saya sampaikan tentang global economy scam itu memang benar.

Tentu gak semua relasi langsung percaya FE. Tapi, bahkan sebagian relasi yang belum percaya FE pun bangga saya membuat serial video itu. Mereka mempromosikan youtube channel ke teman-teman dan famili mereka: “Yang bikin channel ini temen gue loh ternyata.”

Lucunya, setelah saya cela habis soal sistem keuangan global di ruang rapat, tetep aja abis itu mereka pada invest di proyek saya. Hahahaha…

TANYA:
Nggak ada yang membully atau menghina anda di dunia nyata?

BD:
Saya tegaskan disini. Sampai saat ini, tak ada satupun orang yang menghina saya soal FE di alam nyata. Kenapa? Karena mereka tau reputasi saya. Yang membully dan menghina itu cuma trolls di alam maya. Keyboard warriors (jagoan kibord), istilahnya. Merasa hebat di alam maya, padahal cemen di alam nyata.

Orang yang ada di level intelektualitas tinggi, kalau gak setuju ya gak setuju aja. Ngapain terobsesi dengan orang lain yang beda pendapat? Sebaliknya, para haters di medsos begitu terobsesi dengan kita. Menghabiskan waktu dan energi buat membully orang lain, padahal kenal pun tidak. Menurut media Psychology Today, trolls itu adalah psikopat narsis.

Bagaimana Jika Identitas Terbongkar?

TANYA:
Banyak yang bertanya-tanya, bagaimana jika identitas mas BD terbongkar? Para simpatisan kuatir kalau karier anda terganggu. Ada juga yang kuatir kalau anda diculik (bahkan dibunuh) oleh Elite Global. Sementara, para haters berusaha bongkar identitas anda supaya anda celaka seperti itu.

BD:
Seperti yang sudah saya sampaikan, dari awal pakai nama BD itu sebenarnya bukan rahasia-rahasia amat. Teman-teman pada tau, famili pada tau, kolega kantor pada tau, relasi bisnis juga pada tau.

Awalnya saya malah tak terpikir kalau itu akan dijadikan bahan oleh haters. Mereka pikir karier saya bakal hancur. Mereka pikir fans bakal kabur. Mereka pikir kalau identitas terbongkar, saya bakal ketakutan dan berhenti bikin video. Hahahahaha…

Apa yang terjadi di sosmed dan dunia maya, gak ngaruh sama sekali pada kehidupan saya di dunia nyata. Mau dibantah kek, mau dihujat kek, mau dibongkar kek, tetap saja kehidupan saya berjalan seperti biasa. Tetap saja saya terus bikin serial video. Gak ngaruh sama sekali. Saya gak merasa perlu buat nanggepin, bahkan gak merasa perlu buat baca atau nonton.

Tapi biarin aja deh. Malah seru kan? Yang tau biarin tau, yang gak tau biarin aja gak tau. Walaupun kalau tau juga gak apa-apa. Hihihi…

TANYA:
Jadi sebenarnya kenapa tak pakai nama asli?

BD:
Pseudonym dalam karya tulis itu biasa. Kamu tau nama Setiabudi? Pasti pernah denger kan? Tapi mungkin kamu gak tau nama Dr. Eduard Douwes Dekker. Itu nama aslinya, sedangkan Setiabudi adalah pseudonym-nya.

Selain itu, waktu nulis karyanya yang fenomenal “Max Havelaar”, ia juga gunakan pseudonym Multatuli (bahasa latin, artinya “aku sudah banyak menderita”)

TANYA:
Anda banyak membongkar kezaliman Elite Global. Gak takut dibungkam oleh Elite Global?

BD:
Kalau saya kemukakan ini 16 tahun lalu, tahun 2001, betul nyawa saya akan terancam. Seperti yang terjadi pada aktivis Bill Cooper. Dia ditembak mati di depan rumahnya, karena terlalu banyak bongkar kebohongan elite global.

(Aktivis William “Bill” Cooper, ditembak mati oleh polisi di depan rumahnya sendiri, tahun 2001)

Sekarang tahun 2017. Sosmed membuat kebebasan informasi jadi tak terbendung. Membunuh aktivis hanya membuatnya jadi hero. Video-video Bill Cooper tetap saja bisa dipelajari orang sampai sekarang di Youtube. Dengan dibunuhnya Bill Cooper, orang malah makin yakin bahwa apa yang dia sampaikan itu benar.

Oleh sebab itu Elite Global robah strategi. Para aktivis tak lagi dibunuh, tapi dihajar lewat trolls agar orang tak ada yang nonton atau baca tulisan-tulisannya. Dan agar orang bingung dengan bantahan-bantahan trolls. Seperti itulah yang terjadi sekarang.

TANYA:
Apakah suatu saat mas BD akan tampil dengan identitas asli?

BD:
Belum terpikir sekarang. Memang gak dipikirin, hehehe… Mengalir aja. Seperti contoh Setiabudi tadi. Orang gak permasalahkan bahwa dia sebenarnya orang Belanda bernama Dr. Douwes Dekker, yang mengkritik pemerintah penjajah Belanda. So what?? Tetap saja apa yang dia sampaikan diteladani orang sampai sekarang.

Apa Itu "People Power"?

TANYA:
Mas BD sering sampaikan dalam video, bahwa kekuatan yang bisa menjatuhkan elite global adalah People Power. Apa dan siapa yang dimaksud dengan People Power ini?

BD:
People Power adalah kekuatan massa yang selalu ada pada setiap revolusi sosial. Misalnya, lengsernya Orde Baru 1998 akibat kekuatan mahasiswa (disamping para menterinya mengundurkan diri), itu adalah People Power. Runtuhnya Tsar Russia 1917, juga karena People Power. Ditarik mundur lagi, runtuhnya Kerajaan Prancis 1799 juga akibat People Power.

Kalau People Power sudah bergerak, kerajaan yang berumur 1000 tahun pun runtuh. Saya meyakini, tak ada yang bisa melawan People Power.

TANYA:
Bagaimana bentuk People Power yang bisa menggulingkan Elite Global?

BD:
Ya seperti contoh tahun 1799 di Prancis, 1917 di Russia, 1998 di Indonesia itu tadi. Jika kamu perhatikan, semua berjalan spontan. Situasi berubah per detik (istilah Cak Nur waktu itu). Tak ada yang bisa mendesain sejak awal. Yang dibutuhkan adalah pemicu. Setelah meledak, semua berjalan mengalir dengan sendirinya.

Oleh sebab itu, yang saya lakukan lewat serial video youtube adalah memberi inspirasi yang mungkin bisa jadi salah satu pemicu.

TANYA:
Grup-grup messengers FE seperti WA, tele, FB dan lain-lain itu fungsinya apa?

BD:
Mereka tentu bagian dari People Power. Tapi People Power tidak terbatas pada grup messengers saja. People Power jauh lebih besar dari itu.

Grup-grup messengers regional juga berfungsi sebagai sarana pembinaan dan perlindungan, agar grass root tak mudah digertak trolls dan haters. Agar ada tempat untuk bertukar informasi tentang penelitian dan perkembangan FE. Juga sebagai wadah untuk mempererat persaudaraan.

Members kita pintar-pintar kok. Bisa membedakan mana yang punya kemampuan untuk membuat karya-karya yang berkualitas, dan mana yang cuma omong kosong cari perhatian.

Tugas kita semua untuk membina para members, memberi fasilitas berupa wahana yang memandai untuk mengembangkan kreativitas mereka, sehingga bisa memberi inspirasi bagi yang lain dalam memicu bangkitnya kesadaran untuk melawan sistem “global” yang zalim. Itulah embrio People Power yang saya bayangkan.

TANYA:
Terima kasih mas BD, atas kesempatan yang diberikan buat wawancara ini. Saya mau masukkan dalam blog saya. Kalau boleh, nanti setelah saya susun tolong dikoreksi dulu tulisannya sebelum saya tayangkan.

BD:
Sama-sama, kembali kasih. Silakan, by all means, dengan senang hati saya akan bantu koreksi. Salam buat mas Adi ya

sumber : https://fe101.net/forum/Thread-Menyingkap-Rahasia-Sosok-BossDarling
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Bengkel Pikiran ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0